All is about my experience | Linux

Like Us

04 May 2017

Glade


Menurut keterangan dari situs resminya,
Glade is a RAD tool to enable quick & easy development of user interfaces for the GTK+ toolkit and the GNOME desktop environment.
Readers: Lu kayak orang lagi males aja cuk. ngasih deskripsi yang bener dong
Saya: Maaf bos, mungkin saya lagi lapar . eh ngantuk :v

Kenapa saya buat artikel ini? 
Karena sebelumnya saya memposting http://deriload.blogspot.com/2017/05/gnome-builder.html

Apa hubungannya?
Saya katakan sebenarnya Glade dan Builder itu seperti sepasang kekasih. kenapa?
Karena fungsi Glade itu sendiri adalah sebagai RAD ( Rapid Application Development ) tools, tepatnya untuk mendesain UI yang nantinya digunakan oleh developer guna mempercepat proses pembuatan aplikasi.
Jadi developer tidak harus menulis UI dengan manual, mungkin kamu gak tau gimana ribetnya kalau membuat tampilan GUI dengan kode program. nih saya kasih contoh
GtkWidget *window;
window = gtk_application_window_new ();
gtk_window_set_title (GTK_WINDOW (window), "test");
gtk_window_set_default_size (GTK_WINDOW (window), 200, 200);
gtk_widget_show (window);
Nah, itu hanya untuk membuat window kosong/blank dengan ukuran 200x200. Ribet?
Disinilah Glade berperan, developer tidak perlu susah payah membuat objek semacam window tadi dengan kode, juga tidak perlu lagi mengatur posisi objek-objek tersebut ( tombol, teks, dll ) dengan menggunakan kode.

Yup. Nantinya desain yang telah dibuat dengan Glade akan disimpan dalam format XML (.xml) dan dapat di muat ( load ) dengan Gtk.Builder. pengembang hanya perlu memanggil kembali objek-objek tersebut.
Ada banyak sekali bahasa pemrogramman yang sudah support Glade, misalnya C, C++, C#, Vala, Java, Perl, Python, dan masih banyak lagi lainnya.

Install Glade?

Yang pake archlinux angkat tangan. :v
sudo pacman -S glade
Oh? gak pake archlinux?
Ooops. itu bukan tanggung jawab saya. :v :v ( readers: digebukin baru tau rasa lu ) :v ammpuun
Biasanya glade sudah tersedia di repository resmi tiap distro, jadi bisa disesuaikan.
Buat pengguna ubuntu mungkin bisa menginstall glade dengan perintah "sudo apt install glade"
Para sesepuh bisa langsung install dari sourcenya https://glade.gnome.org/sources.html