All is about my experience | Linux

Like Us

22 April 2015

Mengatasi Freeze Di KDE Plasma 5


KDE Plasma 5
Seperti yang kita tahu bahwa KDE Plasma 5 saat ini masih belum stabil jadi tentunya ada konsekuensi jika anda memaksakan untuk memasang Desktop Environment yang masih dalam masa pengembangan ini.
Salah satu contoh bug yang sering saya jumpai di laptop saya ialah FREEZE atau layar berhenti beroperasi dan hanya kursor yang masih dapat bekerja. Ini memang tidak mudah jika anda salah satu yang dalam kondisi tersebut terlebih jika anda sedang dalam pekerjaan tertentu. Masa iya laptop harus di restart sementara pekerjaan anda belum disimpan ke hardisk, pasti akan sangat menjengkelkan betul?

Saya pun awalnya juga begitu, malahan saya sempat berfikir untuk meng DOWNGRADE ke versi sebelumnya yang jelas sudah terbukti kestabilannya.
Tapi apa boleh buat, KDE Plasma 5 membuat saya jatuh hati sehingga tiada yang lain lagi yang mampu menggantikannya di laptop saya dengan OS ArchLinux ini.

Mungkin anda yang pernah mengalaminya mencoba mengatasi masalah tersebut dengan merestart laptop atau mencoba dengan CTRL+ALT+DEL , tapi itu tidak bisa sepenuhnya dibilang solusi. karena tidak selalu bekerja ( dilaptop saya malah tidak bisa sama sekali).

Cara pertama yang saya lakukan ialah

1. Mengeluarkan Aplikasi dengan Menekan tombol ALT+F4
Di awal-awal saya menggunakan cara ini untuk mengatasi FREEZE pada plasma 5 dan sudah terbukti berhasil.
Tapi yang jadi masalahnya, tetap saja itu merugikan karena kita tetap harus mengeluarkan aplikasi padahal bisa saja pada saat itu anda sedang mengetik misalnya.
Ketika browsing dengan chrome saya sering mengalami hal tersebut, tidak hanya di chrome saat menulis pun juga kadang terjadi. Tidak peduli apa yang anda lakukan dan aplikasi apa yang anda buka freeze ini bisa terjadi kapan saja.

2. Switch Aplikasi Dengan Menekan ALT+TAB
Baru-baru ini saya terus saja dibuat kesal dengan FREEZE ini apalagi pada saat saya browsing dengan chrome.
Kenapa? karena walaupun freeze ini bisa diatasi dengan meng close aplikasi tapi ketika saya masuk kembali ke chrome disana tidak ada tombol RESTORE untuk mengembalikan aktifitas terakhir saya.
Awalnya saya hanya iseng meng switch aplikasi dengan ALT+TAB dan alhasil bukan switch yang terjadi tapi itu ternyata solusi untuk mengatasi masalah ketika FREEZE terjadi.

Semoga trik diatas juga berlaku untuk anda. =D